Tuesday, February 21, 2017

Pengertian E-commerce Lengkap




Disini saya akan menjelaskan tentang pengertian e-commerce ,manfaat dan contoh juga dampak negatif dan positif yang diberikan oleh Electronic Commerce atau E-Commerce.
Ada beberapa pengertian tentang E-commerce,antara lain sebagai berikut:
-Menurut LOUDON (1998) E-Commerce adalah suatu proses yang dilakukan konsumen dalam membeli dan menjual berbagai produk secara elektronik dari perusahaan ke perusahaan lain dengan menggunakan computer sebagai perantara transaksi bisnis yang dilakukan.

-Menurut Kalakota dan Whinston (1997) meninjau pengertian dari E-Commerce dari empat perspektif yaitu:

1.     Perspektif Komunikasi,E-Commerce adalah sebuah proses pengiriman    barang,layanan,informasi, atau pembayaran melalui computer ataupun peralatan elektronik lainya.
2.     Perspektif Proses Bisnis,E-Commerce merpakan sebuah aplikasi dari suatu teknologi menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.
3.     Perspekktif Layanan,E-Commerce ialah suatu alat yang mempengaruhi keinginan perusahaan, manajemen, dan konsumen untuk mengurangi biaya layanan (service cost) ketika meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan kecepatan layanan pengiriman.
4.     Perspektif Online, E-Commerce menyediakan kemampuan unutk membeli dan menjual produk atau barang  serta informasi melalui layanan internet maupun saran online lainnya.

Pengertian E-Commerce secara umum,

 E-Commerce kepanjangan dari Electronic Commerce bisa dihubungkan dengan proses jual beli online atau semacam transaksi yang melibatkan penjualan dan pembelian produk maupun jasa melalui internet.Memang saat ini E-Commerce sedang popular di ranah kehidupan masyarakat tapi mungkin juga masih ada yang belum mengetahui sepenuhnya tentang E-Commerce,bagi yang belum mengerti dapat membaca penjelasan berikut ini:


Penjelasan tentang E-Commerce

E-Commerce adalah suatu proses penjualan dan pembelian produk maupun jasa yang dilakukan secara eletronik melalui jaringan computer atau internet.Arti lain daripada E-Commerce yaitu penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam melakukan transaksi bisnis untuk menciptakan kembali hubungan yang baru antara penjual dan pembeli.

          Perbedaan E-Commerce dan E-Business
Tentunya perdagangan Elektronik Commerce (E-Commerce) dengan E-Business mempunyai arti yang berbeda dari segi konsep dan arti. Pada E-Commerce teknologi informasi dan komunikasi digunakan hanya secara integral oleh perusahaan atau organisasi.sedangkan pada E-Business teknologi informasi dan komunikasi digunakan untuk meningkatkan bisnis perusahaan yang mencangkup semua aspek bisnis baik itu yang profit maupun yang nonprofit



Model dari E-Commerce

Model dari E-Commerce saat ini dibagi menjadi 5 (lima) macam,yang diantaranya adalah:

1.B to B E-Commerce
               
B to B (Busines to Busines),Merupakan perdagangan secara elektronik antara organisasi atau perusahaan. Para ahli memprediksi bahwa B to B E-commerce ini akan berkembang dengan cepat.

2.B to C E-Commerce
            B to C (Busines to Consumer) e-commerce, merupakan perdagangan antara organisasi atau perusahaan dan konsumen. B to C adalah salah satu dari bentuk E-Commerce yang biasanya penjualan produk akan dilakukan secara eceran dari perusahaan kepada konsumen.Kebanyakan konsumen akan membeli barang yang berbentuk fisik seperti telepon genggam,pakaian,Laptop,buku atau barang digital seperti software ,e-book dan lain-lain.

3.B to G E-Commerce
            B to G(Business to Government), Merupakan perdagangan antara perusahaan dengan pemerintah ,misalnya seperti perdagangan koneksi internet ,prosedur perjanjian maupun kegiatan yang melibatkan bisnis antara perusahaan dan pemerintah.

4.C to C E-Commerce
            C to C( Consumer to Consumer),merupakan perdagangan antara individu dengan konsumen .C to C dapat dikatakan transaksi dimana konsumen menjual produk secara langsung kepada konsumen lain dengan menggunakan media elektronik atau online.

5.M-Commerce
            (Mobile Commerce),merupakan perdagangan melalui perangkat elektronik tanpa kabel atau nirkabel misalnya melalui perangkat genggam seperti PDA.

Manfaat-manfaat dari E-Commerce
            Adapun manfaat-manfaat yang diberikan oleh E-Commerce ada 3(tiga) macam yang saya tulis,diantaranya:
-Manfaat E-Commerce dalam dunia bisnis
E-Commerce memiliki banyak manfaat dalam dunia bisnis selain mempermudah proses jual beli, dengan menggunakan E-Commerce dapat mengurangi biaya barang dan jasa, juga bisa meningkatkan kepuasan pembeli atau konsumen dengan kecepatan untuk memperoleh barang yang dibutuhkan sesuai dengan budget dan harganya. Proses yang
 cepat tentu akan meningkatkan pendapatan.Dengan menggunakan E-Commerce dapat memungkinkan kita untuk bertransaksi dengan cepat dan mudah  dengan biaya yang murah tanpa melalui proses yang rumit ,dimana pembeli cukup mengakses internet ke website suatu perusahaan yang menginklankan produknya di internet,kemudian pembeli cukup mempelajari ketentuan-ketentuan yang disyaratkan (term of condition) dari pihak penjual . Tidak menghabiskan banyak waktu.

-Manfaat E-Commerce bagi Perusahaan

Beberapa manfaat yang diberikan oleh E-Commerce bagi perusahaan diantarnya :

1.Melewati Batasan Geografis atau Jangkauan Global

            Toko fisik tentunya akan dibatasi oleh wilayah geografis.Dengan menggunakan E-Commerce maka seluruh penjuru dunia dapat dikatakan wilayah untuk menjalankan bisnis.Karena dengan E-Commerce perusahaan dapat menjalankan bisnis dengan jangkauan yang lebih luas.

2.Buka Sepanjang Waktu

            Dapat disimpulkan hal seperti ini dapat meningkatkan jumlah konsumen dan pesanan yang diterima akan semakin bertambah karena seperti situs atau web E-Commerce dapat beroperasi setiap waktu selama 24 jam sehari dan tentunya setiap hari.

3.Dapat Memperoleh Konsumen Melalui Pencarian di Internet

            Hal ini akan menjadi salah satu keuntungan yang bisa didapatkan oleh perusahaan dalam berbisnis karena pelanggan baru akan berdatangan disebabkan oleh situs atau web E-Commerce perusahaan dapat dengan mudah ditemukan oleh konsumen jika mereka mencarinya di internet.

4.Dapat Memberikan Informasi yang Akurat dan Up-to-date

            Informasipun dapat di update kapan saja jika ada pemberitahuan atau penjelasan yang baru mengenai produk yang dijual kepada konsumen.Tentunya informasi akan semakin lengkap dan lebih mudah disampaikan kepada para konsumen.

5.Biaya Promosi yang Relatif Murah
           
            Tentunya hal ini akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan dalam mempromosikan produknya kepada para konsumen karena biaya promosi yang relatif mudah.

-Manfaat E-Commerce bagi pelanggan

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh pelanggan atau konsumen dari e-commerce ,diantaranya adalah sebagai berikut:

1.Lebih Banyak Pilihan Produk dan Jasa
           
            Mengupdate informasi mengenai produk dapat dilakukan dengan mudah dengan hal ini tentunya produk yang ditampilkan dalam website e-commerce akan banyak pilihan.

2.Harga yang Relatif Lebih Murah

            Dapat dibandingkan bahwa biasanya harga dari produk yang ditawarkan di website e-commerce relative lebih murah dibandingkan dengan produk yang ditawarkan di toko-toko fisik.

3.Kesempatan Berpartisipasi

            Testimoni-testimoni dari pelanggan atau konsumen dapat di tulis di kolom komentar mengenai layanan produk yang sudah dibelinya.

Dampak Positif E-Commerce
            Adapun dampak positif dari E-Commerce antara lain:

1.Mampu meningkatkan market exposure
2.Mampu mengurangi biaya operasional
3.Dapat memperluas jangkauan
4.Mampu menigkatkan costumer loyality
5.Dapat mempersingkat waktu produksi
6.Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)


Dampak Negatif dari E-Commerce

Dampak negatif antara lain sebagai berikut:

1.Terjadi kerugian yang tidak diduga ,karena adanya gangguan yang dilakukan   dengan sengaja oleh faktor manusia ataupun kesalah dalam system elektronik.

2.Adanya pengaksesan ke sumber pihak yang tidak berhak .Seperti seorang Hacker yang membobol system perbankan.Kemudian memindahkan sejumlah rekening milik orang lain ke rekeningnya sendiri.

3.Adanya pencurian informasi yang sangat rahasia dan berharga . Gangguan yang muncul bisa membongkar semua informasi rahasia itu pada pihak yang tidak berhak dan mengakibatkan kerugian besar bagi korban.

4.Kehilangan kesempatan bisnis atau kerugian pelanggan karena gangguan pelayanan.Seperti kesalah yang bersifat non-teknis (listrik tiba-tiba padam).    


Metode pembayaran pada E-Commerce

            Disini Dalam hal pembayaran  E-Commerce saya menulis hanya 2 metode karena menurut saya 2 metode ini sangat banyak yang menggunakanya:

1.Bank Payments,metode ini dilakukan dengan cara mentransfer uang ke nomer rekening perusahaan yang menjual produk.Setelah pembeli melakukan pembayaran produk yang telah di beli akan segera dikirim melalui jasa pengiriman barang.

2.COD (Cash on Delivery),Metode ini adalah dimana membayar pesanan ke penjual setelah barang yang dipesan telah diterima si pembeli atau membayar setelah barang yang dipesan telah sampai di alamat tujuan.

           
Sekian dari artikel tentang pengertian E-Commerce bila ada salah pengetikan saya mohon maaf,saran dan kritik sangat diperlukan untuk saya agar kedepanya lebih baik.

Baca juga: Sukses Bisnis Elektronik Dimulai Dari Barang Bekas






Sumber referensi:
-  http://www.pengertianku.net/?s=Pengertian+E-Commerce+Secara+Umum+Dan+Manfaatnya.
-http://www.seputarpengetahuan.com/2015/12/pengertian-e-commerce-menurut-para-ahli-terlengkap.html

Universitas Amikom Yogyakarta 

0 comments:

Post a Comment