Disini saya
akan menjelaskan tentang pengertian e-commerce ,manfaat dan contoh juga dampak
negatif dan positif yang diberikan oleh Electronic Commerce atau E-Commerce.
Ada beberapa pengertian tentang
E-commerce,antara lain sebagai berikut:
-Menurut LOUDON (1998) E-Commerce adalah
suatu proses yang dilakukan konsumen dalam membeli dan menjual berbagai produk
secara elektronik dari perusahaan ke perusahaan lain dengan menggunakan
computer sebagai perantara transaksi bisnis yang dilakukan.
-Menurut Kalakota
dan Whinston (1997) meninjau
pengertian dari E-Commerce dari empat perspektif yaitu:
1.
Perspektif Komunikasi,E-Commerce
adalah sebuah proses pengiriman
barang,layanan,informasi, atau pembayaran melalui computer ataupun
peralatan elektronik lainya.
2.
Perspektif Proses Bisnis,E-Commerce
merpakan sebuah aplikasi dari suatu teknologi menuju otomatisasi dari transaksi
bisnis dan aliran kerja.
3.
Perspekktif Layanan,E-Commerce
ialah suatu alat yang mempengaruhi keinginan perusahaan, manajemen, dan konsumen
untuk mengurangi biaya layanan (service cost) ketika meningkatkan kualitas
barang dan meningkatkan kecepatan layanan pengiriman.
4.
Perspektif Online, E-Commerce
menyediakan kemampuan unutk membeli dan menjual produk atau barang serta informasi melalui layanan internet
maupun saran online lainnya.
Pengertian
E-Commerce secara umum,
E-Commerce kepanjangan dari Electronic Commerce bisa dihubungkan
dengan proses jual beli online atau semacam transaksi yang melibatkan penjualan
dan pembelian produk maupun jasa melalui internet.Memang saat ini E-Commerce
sedang popular di ranah kehidupan masyarakat tapi mungkin juga masih ada yang
belum mengetahui sepenuhnya tentang E-Commerce,bagi yang belum mengerti dapat
membaca penjelasan berikut ini:
Penjelasan
tentang E-Commerce
E-Commerce
adalah suatu proses penjualan dan pembelian produk maupun jasa yang dilakukan
secara eletronik melalui jaringan computer atau internet.Arti lain daripada E-Commerce yaitu penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi dalam melakukan transaksi bisnis untuk menciptakan
kembali hubungan yang baru antara penjual dan pembeli.
Perbedaan
E-Commerce dan E-Business
Tentunya
perdagangan Elektronik Commerce (E-Commerce) dengan E-Business mempunyai arti
yang berbeda dari segi konsep dan arti. Pada E-Commerce teknologi informasi dan
komunikasi digunakan hanya secara integral oleh perusahaan atau
organisasi.sedangkan pada E-Business teknologi informasi dan komunikasi
digunakan untuk meningkatkan bisnis perusahaan yang mencangkup semua aspek
bisnis baik itu yang profit maupun yang nonprofit
Model
dari E-Commerce
Model
dari E-Commerce saat ini dibagi menjadi 5 (lima) macam,yang diantaranya adalah:
1.B to B E-Commerce
B
to B (Busines to Busines),Merupakan perdagangan secara elektronik antara
organisasi atau perusahaan. Para ahli memprediksi bahwa B to B E-commerce ini
akan berkembang dengan cepat.
2.B to C E-Commerce
B
to C (Busines to Consumer) e-commerce, merupakan perdagangan antara organisasi
atau perusahaan dan konsumen. B to C adalah salah satu dari bentuk E-Commerce
yang biasanya penjualan produk akan dilakukan secara eceran dari perusahaan
kepada konsumen.Kebanyakan konsumen akan membeli barang yang berbentuk fisik
seperti telepon genggam,pakaian,Laptop,buku atau barang digital seperti
software ,e-book dan lain-lain.
3.B to G E-Commerce
B
to G(Business to Government), Merupakan perdagangan antara perusahaan dengan
pemerintah ,misalnya seperti perdagangan koneksi internet ,prosedur perjanjian
maupun kegiatan yang melibatkan bisnis antara perusahaan dan pemerintah.
4.C to C E-Commerce
C
to C( Consumer to Consumer),merupakan perdagangan antara individu dengan
konsumen .C to C dapat dikatakan transaksi dimana konsumen menjual produk
secara langsung kepada konsumen lain dengan menggunakan media elektronik atau
online.
5.M-Commerce
(Mobile
Commerce),merupakan perdagangan melalui perangkat elektronik tanpa kabel atau
nirkabel misalnya melalui perangkat genggam seperti PDA.
Manfaat-manfaat
dari E-Commerce
Adapun
manfaat-manfaat yang diberikan oleh E-Commerce
ada 3(tiga) macam yang saya tulis,diantaranya:
-Manfaat E-Commerce dalam dunia
bisnis
E-Commerce
memiliki banyak manfaat dalam dunia bisnis selain mempermudah proses jual beli,
dengan menggunakan E-Commerce dapat mengurangi biaya barang dan jasa, juga bisa
meningkatkan kepuasan pembeli atau konsumen dengan kecepatan untuk memperoleh
barang yang dibutuhkan sesuai dengan budget dan harganya. Proses yang
cepat tentu akan meningkatkan
pendapatan.Dengan menggunakan E-Commerce dapat memungkinkan kita untuk
bertransaksi dengan cepat dan mudah
dengan biaya yang murah tanpa melalui proses yang rumit ,dimana pembeli
cukup mengakses internet ke website suatu perusahaan yang menginklankan
produknya di internet,kemudian pembeli cukup mempelajari ketentuan-ketentuan
yang disyaratkan (term of condition) dari pihak penjual . Tidak menghabiskan
banyak waktu.
-Manfaat
E-Commerce bagi Perusahaan
Beberapa manfaat yang diberikan
oleh E-Commerce bagi perusahaan diantarnya :
1.Melewati
Batasan Geografis atau Jangkauan Global
Toko
fisik tentunya akan dibatasi oleh wilayah geografis.Dengan menggunakan
E-Commerce maka seluruh penjuru dunia dapat dikatakan wilayah untuk menjalankan
bisnis.Karena dengan E-Commerce perusahaan dapat menjalankan bisnis dengan
jangkauan yang lebih luas.
2.Buka Sepanjang Waktu
Dapat
disimpulkan hal seperti ini dapat meningkatkan jumlah konsumen dan pesanan yang
diterima akan semakin bertambah karena seperti situs atau web E-Commerce dapat
beroperasi setiap waktu selama 24 jam sehari dan tentunya setiap hari.
3.Dapat
Memperoleh Konsumen Melalui Pencarian di Internet
Hal
ini akan menjadi salah satu keuntungan yang bisa didapatkan oleh perusahaan
dalam berbisnis karena pelanggan baru akan berdatangan disebabkan oleh situs
atau web E-Commerce perusahaan dapat dengan mudah ditemukan oleh konsumen jika
mereka mencarinya di internet.
4.Dapat
Memberikan Informasi yang Akurat dan Up-to-date
Informasipun
dapat di update kapan saja jika ada pemberitahuan atau penjelasan yang baru
mengenai produk yang dijual kepada konsumen.Tentunya informasi akan semakin
lengkap dan lebih mudah disampaikan kepada para konsumen.
5.Biaya
Promosi yang Relatif Murah
Tentunya
hal ini akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan dalam mempromosikan
produknya kepada para konsumen karena biaya promosi yang relatif mudah.
-Manfaat
E-Commerce bagi pelanggan
Beberapa
manfaat yang bisa didapatkan oleh pelanggan atau konsumen dari e-commerce
,diantaranya adalah sebagai berikut:
1.Lebih
Banyak Pilihan Produk dan Jasa
Mengupdate informasi mengenai produk
dapat dilakukan dengan mudah dengan hal ini tentunya produk yang ditampilkan
dalam website e-commerce akan banyak pilihan.
2.Harga
yang Relatif Lebih Murah
Dapat dibandingkan bahwa biasanya
harga dari produk yang ditawarkan di website e-commerce relative lebih murah
dibandingkan dengan produk yang ditawarkan di toko-toko fisik.
3.Kesempatan
Berpartisipasi
Testimoni-testimoni dari pelanggan
atau konsumen dapat di tulis di kolom komentar mengenai layanan produk yang
sudah dibelinya.
Dampak
Positif E-Commerce
Adapun
dampak positif dari E-Commerce antara lain:
1.Mampu
meningkatkan market exposure
2.Mampu
mengurangi biaya operasional
3.Dapat
memperluas jangkauan
4.Mampu
menigkatkan costumer loyality
5.Dapat
mempersingkat waktu produksi
6.Meningkatkan
value chain (mata rantai pendapatan)
Dampak Negatif dari E-Commerce
Dampak negatif antara lain sebagai berikut:
1.Terjadi
kerugian yang tidak diduga ,karena adanya
gangguan yang dilakukan dengan
sengaja oleh faktor manusia ataupun kesalah dalam system elektronik.
2.Adanya
pengaksesan ke sumber pihak yang tidak berhak .Seperti seorang Hacker yang membobol system
perbankan.Kemudian memindahkan sejumlah rekening milik orang lain ke
rekeningnya sendiri.
3.Adanya
pencurian informasi yang sangat
rahasia dan berharga . Gangguan yang muncul bisa membongkar semua informasi
rahasia itu pada pihak yang tidak berhak dan mengakibatkan kerugian besar bagi
korban.
4.Kehilangan kesempatan bisnis atau
kerugian pelanggan karena gangguan pelayanan.Seperti kesalah yang bersifat
non-teknis (listrik tiba-tiba padam).
Metode pembayaran pada E-Commerce
Disini Dalam hal pembayaran E-Commerce saya menulis hanya 2 metode karena
menurut saya 2 metode ini sangat banyak yang menggunakanya:
1.Bank Payments,metode ini dilakukan
dengan cara mentransfer uang ke nomer rekening perusahaan yang menjual produk.Setelah
pembeli melakukan pembayaran produk yang telah di beli akan segera dikirim
melalui jasa pengiriman barang.
2.COD (Cash on Delivery),Metode ini adalah dimana membayar pesanan ke
penjual setelah barang yang dipesan telah diterima si pembeli atau membayar
setelah barang yang dipesan telah sampai di alamat tujuan.
Sekian
dari artikel tentang pengertian E-Commerce bila ada salah pengetikan saya mohon
maaf,saran dan kritik sangat diperlukan untuk saya agar kedepanya lebih baik.
Baca juga: Sukses Bisnis Elektronik Dimulai Dari Barang Bekas
Baca juga: Sukses Bisnis Elektronik Dimulai Dari Barang Bekas
Sumber referensi:
-
http://www.pengertianku.net/?s=Pengertian+E-Commerce+Secara+Umum+Dan+Manfaatnya.
-http://www.seputarpengetahuan.com/2015/12/pengertian-e-commerce-menurut-para-ahli-terlengkap.html
Universitas Amikom Yogyakarta
Universitas Amikom Yogyakarta
0 comments:
Post a Comment